Welcome to my Weblog
go to my homepage
Go to homepage
Jumat, 12 Maret 2010

Keluar Dari Rasa Bersalah

Perasaan bersalah berawal dari suatu tindakan manusiawi seseorang di masa lalu yang mungkin akhirnya menyebabkan kerugian pada diri sendiri ataupun orang lain. Wajar jika perasaan negatip muncul setelah kesalahan di lakukan. Namun jangan sampai hal itu bisa mempengaruhi kehidupan Kita.
Lantas, bagaimana jika ingin keluar dari perasaan dimana kita merasa bahwa kita adalah kesalahan bagi semua orang? Ada beberapa cara untuk keluar dari perasaan tersebut, amnggaplah bahwa kesalahan merupakan suatu pelajaran dan pengalaman baru yang sangat bermanfaat untuk kedewasaan kita.
  1. SadarAkan Kesalahan. Bersikaplah dewasa dan menyadari kesalahan yang kita lakukan, dengan begitu kita akan mudah minta maaf memperbaiki diri sekaligus memohon ampunan pada Allah SWT yang maha pengampun.
  2. Jangan Ulangi Lagi. Ambil pelajaran dan hikmah dari kesalahan yang telah kita perbuat, agar kita juga lebih mawas diri dan tidak akan mengulanginya di masa yang akan datang.
  3. Cintai Diri Sendiri. Mencintai diri sendiri agar kita tidak terus menerus menghukum diri kita dan hanya menyesali kesalahan masa lalu tanpa memperbaiki kesalahan itu sendiri.
  4. Jangan Menutup Diri. Ungkapkanlah rasa bersalah tersebut kepada orang yang kita anggap layak untuk menerimanya. Jangan fokuskan kepada kesalahan itu melainkan bagaimana caranya agar kita dapat memperbaiki kesalahan tersebut.
  5. Berpikir Positif. Jangan menganggap kehadiran kita selalu di anggap negatif bagi semua orang. Meskipun manusia tidak ada yang sempurna, namun yakinlah bahwa orang yang berburuk sangka pada kita tidak sebanyak orang yang kagum dan mencintai diri kita apa adanya.
  6. Jangan Takut. Ada beberapa orang yang salah sangka atau dengki pada kita, itu merupakan suatu hal yang wajar. Asalkan kita tetap berada pada jalur yang benar dan tidak pernah melanggar ajaran agama, kita tidak perlu takut walau di musuhi oleh orang² di sekeliling kita. Suatu saat ada ribuan orang yang tulus ingin berteman dengan kita.
  7. Jangan Bersedih. Masih banyak hal² yang harus kita lakukan. kita masih mempunyai pekerjaan untuk memberikan manfaat bagi banyak orang lain. Jadi biarkanlah semua kesedihan itu luluh bersama tangisan kita. Jangan kita masukan dalam di hati. Lebih baik, hati ini di huni dengan senyuman dan kesabaran, berbuat baik pada orang lain dan memikirkan hal² positif.
  8. Saling Mengingatkan. Merupakan tugas kita bersama selaku sesama umat manusia untuk selalu tolong-menolong dalam kebaikan, saling memberikan kebenaran, dan memiliki kesabaran, serta saling memaafkan.
  9. Hadapi Cobaan. Hidup tanpa cobaan itu hampa. anggap saja kesalahan yang sudah lalu menjadi sebuah cobaan yang harus kita hadapi.
  10. Jaga Senyuman. Dunia ini ibarat sebuah permainan. Siapa yang benar dan siapa yang salah akan terungkap dengan jelas di akhirat nanti. Satu yang pasti, kebenaran pasti akan mengalahkan kesalahan, yang terpenting anda berusaha untuk menguatkan hati dan terus berjalan.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

PT. SAUNG BITUNG © 2013 Supported by Best Blogger Templates and Premium Blog Templates - Web Design